WeLcOMe To My BloG

Senin, 14 November 2011

AlLLL about JERUKLEGI

Mata pencaharian utama dusun Jeruklegi adalah dibidang agraris. Hampir seluruh penduduk memanfaatkan hasil dari pertanian. Hasil panen tersebut diantaranya kacang, kedelai, padi, ketela, sayur-sayuran, dan sebagainya. Banyak dari mereka yang hanya memetik sayuran dipekarangan untuk lauk sehari-hari.
Sebelum musim penghujan tiba biasanya mereka membuat persemaian terlebih dahulu, misal mencangkul, tanah diratakn setelah di cangkul supaya mudah saat akan ditanami palawija, membersihkan rumput dan lain-lain agar pada saat musim penghujan tiba tidak terlalu tergesa-gesa.
sawah yang mereka tanamipun memanfaatkan air hujan atau sawah tadah hujan. Mereka menanaminya secara bersama-sana atau istilahnya rombongan dengan upah yang lebih dari cukup. Rombongan biasanya terdiri dari 6-15 orang atau lebih. Rombongan di bentuk saat musim hujan tiba dan mereka telah terikat oleh suatu kelompok tertentu, misal rombongan wedus. Rombongan wedus bukan berarti serombongan wedus tetapi merupakan rombongan yang mendapat bantuan wedus gibas dari pemerintah.
Jeruklegi kaya akan hasil karyanya, contohnya topi caping yang di buat oleh warga kemudian dijual di pasar-pasar. Hasilnya tidak kalah bagus dengan kerajinan yang berasal dari kota-kota. Bahkan pernah mendapat kunjungan dari kabupaten.
Nahhhh itulah sekilas tentang desa sayaa!!!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar